comitalk-unpad

Beberapa tahun belakangan, komik lokal mulai mendapatkan perhatian lebih dari khalayak pecinta komik Indonesia. Dimulai dari munculnya majalah komik kompilasi era modern, kini komik asli Indonesia sudah diakui dan bahkan kehadirannya ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Karya anak bangsa ini pun saat ini tak lagi dikesampingkan di rak-rak paling belakang di toko buku. Akan tetapi kini komik lokal Indonesia sudah dengan gagahnya nangkring di depan rak-rak toko buku.

Bangkitnya komik lokal juga memiliki banyak dampak positif. Pertama, profesi komikus kini sudah mulai diperhitungkan dan tak lagi dipandang sebelah mata. Dari situ, khalayak pun makin banyak yang terinspirasi untuk menjadi komikus, mengikuti jejak profesional yang sukses. Itu efek positif kedua yang sekaligus harus dijaga nyalanya agar tak padam.

Dengan alasan dan concern itulah, COMITALK diselenggarakan. COMITALK adalah acara talkshow mengenai komik yang menghadirkan para komikus profesional Indonesia sebagai pembicaranya. Dalam acara ini, akan dibahas mengenai seluk-beluk perkomikan Indonesia, mulai dari profil komikusnya, iklim ngomik di Indonesia, sampai motivasi dan inspirasi ngomik. Selain talkshow, di COMITALK peserta yang beraspirasi untuk menjadi komikus juga bisa mendapatkan arahan dan tips ngomik dari pembicara melalui workshop di dalamnya.

COMITALK diselenggarakan oleh Kelompok Grafis Fikom (KGF) Universitas Padjadjaran, Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang grafis. Dengan mengusung tema “Siapapun Bisa Bikin Komik”, komikus professional yang hadir dalam COMITALK diharapkan bisa menularkan motivasi dan inspirasi ngomik mereka kepada peserta yang ingin mulai berlari di jalan ngomik .

Ayo siapkan penamu dan tunjukkan karyamu pada dunia karena Siapapun Bisa Bikin Komik!

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>