PRIS_websize_01

PRIS_websize_03

Melalui penerbit DGI Press, hadirnya sebuah buku berupa arsip gagasan Priyanto Sunarto (1947-2014) yang dikenal sebagai seniman grafis, kartunis, desainer grafis, sekaligus pendidik berdedikasi merupakan suatu langkah baru di bidang literatur seni dan desain di Indonesia. Tak banyak buku yang menggarap bidang seni dan desain, terutama dalam hal ini DKV (Desain Komunikasi Visual) di Indonesia ini, yang tak sekedar membahas tutorial software saja.

Dengan hadirnya buku ini merupakan angin segar dan awal yang baik bagi kemajuan bidang DKV itu sendiri terutama dalam literaturnya. Buku ini dari covernya mungkin sekilas terlihat seperti buku biografi seorang seniman dan desainer grafis, Priyanto Sunarto semasa hidupnya yang dimana tujuannya merekam jejak profesinya yang otomatis akan memperkarya litartur seni dan desain grafis di Indonesia. Namun isinya lebih dari itu. Buku ini benar-benar dibutuhkan oleh para praktisi dan mahasiswa DKV ataupun masyarakat luas untuk mempelajari dan mengenal lebih jauh mengenai apa itu DKV beserta realita-realitanya di Indonesia ini.

Dengan desain layout bergaya ilustrasi pada cover dan konten yang sangat menarik dan enak di mata:

PRIS_websize_02

 

PRIS_websize_05

 

PRIS_websize_09

Tulisan mendiang Pri.S sangat mudah dicerna, seperti beliau berbicara langsung pada para pembaca dengan gaya bahasa yang sangat luwes dan jujur. Beliau benar-benar mendeskripsikan realita bidang DKV di masanya dan masa era terkini semasa beliau hidup. Bagi saya, karena buku jenis ini sangatlah jarang di Indonesia, yaitu rekam jejak profesi seorang desainer grafis & pendidik + edukasi tertulis secara luwes namun berbobot mengenai DKV itu sendiri sangatlah menarik untuk dibaca. Masuk dalam daftar pribadi saya sebagai “The book every designer should read” terutama di Indonesia ini. Very recommended!

 

Link terkait: http://dgi.or.id/read/news/jabat-sahabat-sebuah-tribut-untuk-pak-pri.html

Words by Windyasari S

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>